Selasa, 16 Oktober 2012

PBM-Visual, Auditory, Kinestetic


MODEL PEMBELAJARAN VISIUAL AUDITORY AND KINESTHETIC (VAK)

PENGERTIAN VAK
Teori yang mendukung pembelajaran VAK adalah Accelerated Learning, teori otak kanan/kiri, teori otak triune, pilihan modalitas (visual, auditorial dan kinestetik), teori kecerdasan ganda, pendidikan menyeluruh, belajar berdasarkan pengelaman, belajar dengan symbol. Pembelajaran VAK  menganut aliran ilmu kognitif modern yang menyatakan belajar yang paling baik adalah melibatkan emosi, seluruh tubuh, semua indera, dan segenap kedalaman serta keluasan pribadi, menghormati gaya belajar individu lain dengan menyadari bahwa orang belajar dengan cara berbeda. Mengkaitkan sesuatu dengan hakikat realitas yang nonlinear, nonmekanis, kreatif dan hidup.

PRINSIP DASAR VAK
1.      Pembelajaran melibatkan seluruh pikiran dan tubuh
2.      Pembelajaran berarti berkreasi bukan mengkonsumsi
3.      Kerjasama membantu proses pembelajaran
4.      Pembelajaran berlangsung pada benyak tingkatan secara simultan
5.      Belajar berasal dari mengerjakan pekerjaan itu sendiri dengan umpan balik
6.      Emosi positif sangat membantu pembelajaran
7.      Otak-citra menyerap informasi secara langsung dan otomatis

KARAKTERISTIK VAK
1.      Visual. Belajar dengan mengamati dan menggambarkan. Visualization adalah bahwa belajar harus menggunakan indra mata melalui mengamati,  menggambar, mendemonstrasikan, membaca, gunakan media & alat peraga.
2.      Auditori. Belajar dengan berbicara dan mendengar. Auditory bermakna bahwa belajar haruslah mendengarkan, menyimak, berbicara, presentasi, memberikan pendapat, gagasan, menanggapi dan beragumentasi.
3.      Kinesthetic. Belajar dengan bergerak dan berbuat. Kinestetic bermakna gerakan tubuh (hands-on, aktivitas fisik), belajar itu haruslah mengalami dan melakukan.
Model pembelajaran ini menganggap bahwa pembelajaran akan efektif dengan memperhatikan ketiga hal tersebut di atas, dengan perkataan lain manfaatkanlah potensi siwa yang telah dimilikinya dengan melatih, mengembangkannya. Istilah tersebut sama halnya dengan istilah pada SAVI, dengan somatic ekuivalen dengan kinesthetic.

KERANGKA PERENCANAAN PEMBELAJARAN VAK
1.      Tahap persiapan (kegiatan pendahuluan).
Pada tahap ini guru membangkitkan minat siswa, memberikan perasaan positif mengenai pengalaman belajar yang akan datang, dan menempatkan mereka dalam situasi optimal untuk belajar. Secara spesifik meliputi hal :
·         Memberikan sugesi positif
·         Memberikan pernyataan yang memberi manfaat kepada siswa
·         Memberikan tujuan yang jelas dan bermakna
·         Membangkitkan rasa ingin tahu
·         Menciptakan lingkungan fisik yang positif
·         Menciptakan lingkungan emosional yang positif
·         Menciptakan lingkungan sosial yang positif
·         Menenangkan rasa takut
·         Menyingkirkan hambatan-hambatan belajar
·         Banyak bertanya dan mengemukakan berbagai masalah
·         Merangsang rasa ingin tahu siswa
·         Mengajak pembelajar terlibat penuh sejak awal
2.      Tahap Penyampaian (kegiatan inti)
Pada tahap ini guru hendaknya membantu siswa menemukan materi belajar yang baru dengan cara menari, menyenangkan, relevan, melibatkan pancaindera, dan cocok untuk semua gaya belajar. Hal- hal yang dapat dilakukan guru :
·         Uji coba kolaboratif dan berbagi pengetahuan
·         Pengamatan fenomena dunia nyata
·         Pelibatan seluruh otak, seluruh tubuh
·         Presentasi interaktif
·         Grafik dan sarana yang presentasi brwarna-warni
·         Aneka macam cara untuk disesuaikan dengan seluruh gaya belajar
·         Proyek belajar berdasar kemitraan dan berdasar tim
·         Latihan menemukan (sendiri, berpasangan, berkelompok)
·         Pengalaman belajar di dunia nyata yang kontekstual
·         Pelatihan memecahkan masalah
3.      Tahap Pelatihan (kegiatan inti)
Pada tahap ini guru hendaknya membantu siswa mengintegrasikan dan menyerap pengetahuan dan keterampilan baru dengan berbagai cara. Secara spesifik, yang dilakukan guru yaitu :
·         Aktivitas pemrosesan siswa
·         Usaha aktif atau umpan balik atau renungan atau usaha kembali
·         Simulasi dunia-nyata
·         Permainan dalam belajar
·         Pelatihan aksi pembelajaran
·         Aktivitas pemecahan masalah
·         Refleksi dan artikulasi individu
·         Dialog berpasangan atau berkelompok
·         Pengajaran dan tinjauan kolaboratif
·         Aktivitas praktis membangun keterampilan
·         Mengajar balik
4.      Tahap penampilan hasil (kegiatan penutup)
Pada tahap ini guru hendaknya membantu siswa menerapkan dan memperluas pengetahuan atau keterampilan baru mereka pada pekerjaan sehingga hasil belajar akan melekat dan penampilan hasil akan terus meningkat. Hal –hal yang dapat dilakukan adalah :
·         Penerapan dunia nyata dalam waktu yang segera
·         Penciptaan dan pelaksanaan rencana aksi
·         Aktivitas penguatan penerapan
·         Materi penguatan persesi
·         Pelatihan terus menerus
·         Umpan balik dan evaluasi kinerja
·         Aktivitas dukungan kawan
·         Perubahan organisasi dan lingkungan yang mendukung.

CONTOH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VAK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

1.      Identitas Umum
·         Matakuliah            : Perilaku Konsumen
·         Jumlah Kredit       : 2 SKS
·         Alokasi Waktu      : 2 X 50 Menit
2.      Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu mengidentifikasi perilaku konsumen dalam aktivitasnya di dalam pasar barang.
3.      Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi proses pembelian produk baru oleh konsumen.
4.      Indikator Pembelajaran
·         Mahasiswa dapat menyebutkan tindakan-tindakan konsumen dalam proses pembelian produk baru.
·         Mahasiswa dapat mengurutkan secara sistematis tindakan-tidakan konsumen dalam proses pembelian produk baru.
5.      Metode dan Model Pembelajaran
·         Metode pembelajaran  : Kooperatif
·         Model pembelajaran    : Visual, Auditory and Kinestetic dan Roleplay
6.      Media Pembelajaran
·         Laptop & LCD
·         Contoh produk dan Uang/Kartu kredit sebagai alat peraga
7.      Kegiatan Belajar Mengajar
·         Guru menjelaskan tentang aktivitas belajar yang akan dilakukan.
·         Guru menjelaskan tahapan pembelajaran yang akan dilakukan.
o   Melihat materi gambar dan video
o   Mendiskusikan materi gambar dan video
o   Mendemonstrasikan hasil diskusi
o   Membuat kesimpulan
·         Guru menampilkan materi gambar dan video
·         Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok @ 2 orang
·         Siswa mendiskusikan materi gambar dan video
·         Siswa mendemonstrasikan proses pembelian produk baru dengan satu siswa berperan sebagai pembeli dan satu siswa sebagai penjual
·         Guru dan siswa bertanya jawab tentang demonstrasi
·         Guru memberikan kesimpulan
·         Guru memberikan tugas sebagai bentuk evaluasi
8.      Evaluasi
·         Sebutkan tindakan-tindakan yang dilakukan konsumen dalam proses pembelian produk baru_!!
·         Urutkan tindakan-tindakan yang dilakukan konsumen dalam proses pembelian produk baru secara sistematis_!!
9.      Materi Pembelajaran
·         Gambar-gambar aktivitas jual beli dalam pasar barang
·         Video aktivitas jual beli dalam pasar barang
(Terlampir)

3 komentar:

  1. bisakah saya minta judul referensi untuk model VAKnya? terima kasih

    BalasHapus
  2. Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Hendon Mobhub
    Harrah's Cherokee Casino 세종특별자치 출장안마 & Hotel is located in 속초 출장안마 the beautiful picturesque town 논산 출장안마 of 논산 출장샵 Harrah's Cherokee Casino & Hotel is located near Harrah's 김포 출장안마 Cherokee

    BalasHapus

FILSAFAT-Filsafat Ilmu Ekonomi

·          Epistemologi ilmu ekonomi : Epistemologi ilmu ekonomi membahas tentang asal mula atau sumber, struktur, metode dan validitas ...