MODEL
PEMBELAJARAN VISIUAL AUDITORY AND KINESTHETIC (VAK)
PENGERTIAN VAK
Teori yang mendukung pembelajaran VAK
adalah Accelerated Learning, teori otak kanan/kiri, teori otak triune, pilihan
modalitas (visual, auditorial dan kinestetik), teori kecerdasan ganda,
pendidikan menyeluruh, belajar berdasarkan pengelaman, belajar dengan symbol.
Pembelajaran VAK menganut aliran ilmu
kognitif modern yang menyatakan belajar yang paling baik adalah melibatkan
emosi, seluruh tubuh, semua indera, dan segenap kedalaman serta keluasan
pribadi, menghormati gaya belajar individu lain dengan menyadari bahwa orang
belajar dengan cara berbeda. Mengkaitkan sesuatu dengan hakikat realitas yang
nonlinear, nonmekanis, kreatif dan hidup.
PRINSIP DASAR VAK
1. Pembelajaran
melibatkan seluruh pikiran dan tubuh
2.
Pembelajaran berarti berkreasi bukan
mengkonsumsi
3.
Kerjasama membantu proses pembelajaran
4.
Pembelajaran berlangsung pada benyak
tingkatan secara simultan
5.
Belajar berasal dari mengerjakan
pekerjaan itu sendiri dengan umpan balik
6.
Emosi positif sangat membantu
pembelajaran
7. Otak-citra
menyerap informasi secara langsung dan otomatis
KARAKTERISTIK VAK
1. Visual.
Belajar dengan mengamati dan menggambarkan. Visualization adalah bahwa belajar
harus menggunakan indra mata melalui mengamati,
menggambar, mendemonstrasikan, membaca, gunakan media & alat peraga.
2.
Auditori. Belajar dengan berbicara dan
mendengar. Auditory bermakna bahwa belajar haruslah mendengarkan, menyimak,
berbicara, presentasi, memberikan pendapat, gagasan, menanggapi dan
beragumentasi.
3. Kinesthetic.
Belajar dengan bergerak dan berbuat. Kinestetic bermakna gerakan tubuh
(hands-on, aktivitas fisik), belajar itu haruslah mengalami dan melakukan.
Model
pembelajaran ini menganggap bahwa pembelajaran akan efektif dengan
memperhatikan ketiga hal tersebut di atas, dengan perkataan lain manfaatkanlah
potensi siwa yang telah dimilikinya dengan melatih, mengembangkannya. Istilah
tersebut sama halnya dengan istilah pada SAVI, dengan somatic ekuivalen dengan
kinesthetic.
KERANGKA PERENCANAAN
PEMBELAJARAN VAK
1. Tahap
persiapan (kegiatan pendahuluan).
Pada tahap ini guru
membangkitkan minat siswa, memberikan perasaan positif mengenai pengalaman
belajar yang akan datang, dan menempatkan mereka dalam situasi optimal untuk
belajar. Secara spesifik meliputi hal :
·
Memberikan sugesi positif
·
Memberikan pernyataan yang memberi
manfaat kepada siswa
·
Memberikan tujuan yang jelas dan
bermakna
·
Membangkitkan rasa ingin tahu
·
Menciptakan lingkungan fisik yang
positif
·
Menciptakan lingkungan emosional yang
positif
·
Menciptakan lingkungan sosial yang
positif
·
Menenangkan rasa takut
·
Menyingkirkan hambatan-hambatan belajar
·
Banyak bertanya dan mengemukakan
berbagai masalah
·
Merangsang rasa ingin tahu siswa
·
Mengajak pembelajar terlibat penuh sejak
awal
2.
Tahap Penyampaian (kegiatan inti)
Pada tahap ini guru
hendaknya membantu siswa menemukan materi belajar yang baru dengan cara menari,
menyenangkan, relevan, melibatkan pancaindera, dan cocok untuk semua gaya
belajar. Hal- hal yang dapat dilakukan guru :
·
Uji coba kolaboratif dan berbagi
pengetahuan
·
Pengamatan fenomena dunia nyata
·
Pelibatan seluruh otak, seluruh tubuh
·
Presentasi interaktif
·
Grafik dan sarana yang presentasi
brwarna-warni
·
Aneka macam cara untuk disesuaikan
dengan seluruh gaya belajar
·
Proyek belajar berdasar kemitraan dan
berdasar tim
·
Latihan menemukan (sendiri, berpasangan,
berkelompok)
·
Pengalaman belajar di dunia nyata yang kontekstual
·
Pelatihan memecahkan masalah
3.
Tahap Pelatihan (kegiatan inti)
Pada tahap ini guru
hendaknya membantu siswa mengintegrasikan dan menyerap pengetahuan dan
keterampilan baru dengan berbagai cara. Secara spesifik, yang dilakukan guru
yaitu :
·
Aktivitas pemrosesan siswa
·
Usaha aktif atau umpan balik atau
renungan atau usaha kembali
·
Simulasi dunia-nyata
·
Permainan dalam belajar
·
Pelatihan aksi pembelajaran
·
Aktivitas pemecahan masalah
·
Refleksi dan artikulasi individu
·
Dialog berpasangan atau berkelompok
·
Pengajaran dan tinjauan kolaboratif
·
Aktivitas praktis membangun keterampilan
·
Mengajar balik
4. Tahap
penampilan hasil (kegiatan penutup)
Pada
tahap ini guru hendaknya membantu siswa menerapkan dan memperluas pengetahuan
atau keterampilan baru mereka pada pekerjaan sehingga hasil belajar akan
melekat dan penampilan hasil akan terus meningkat. Hal –hal yang dapat
dilakukan adalah :
·
Penerapan dunia nyata dalam waktu yang
segera
·
Penciptaan dan pelaksanaan rencana aksi
·
Aktivitas penguatan penerapan
·
Materi penguatan persesi
·
Pelatihan terus menerus
·
Umpan balik dan evaluasi kinerja
·
Aktivitas dukungan kawan
·
Perubahan organisasi dan lingkungan yang
mendukung.
CONTOH PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN VAK
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
1. Identitas
Umum
·
Matakuliah : Perilaku Konsumen
·
Jumlah Kredit : 2 SKS
·
Alokasi Waktu : 2 X 50 Menit
2.
Standar Kompetensi
Mahasiswa
mampu mengidentifikasi perilaku konsumen dalam aktivitasnya di dalam pasar
barang.
3.
Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi
proses pembelian produk baru oleh konsumen.
4.
Indikator Pembelajaran
·
Mahasiswa dapat menyebutkan
tindakan-tindakan konsumen dalam proses pembelian produk baru.
·
Mahasiswa dapat mengurutkan secara
sistematis tindakan-tidakan konsumen dalam proses pembelian produk baru.
5.
Metode dan Model Pembelajaran
·
Metode pembelajaran : Kooperatif
·
Model pembelajaran : Visual, Auditory and Kinestetic dan
Roleplay
6.
Media Pembelajaran
·
Laptop & LCD
·
Contoh produk dan Uang/Kartu kredit
sebagai alat peraga
7. Kegiatan
Belajar Mengajar
·
Guru menjelaskan tentang aktivitas
belajar yang akan dilakukan.
·
Guru menjelaskan tahapan pembelajaran
yang akan dilakukan.
o
Melihat materi gambar dan video
o
Mendiskusikan materi gambar dan video
o
Mendemonstrasikan hasil diskusi
o
Membuat kesimpulan
·
Guru menampilkan materi gambar dan video
·
Guru membagi kelas dalam beberapa
kelompok @ 2 orang
·
Siswa mendiskusikan materi gambar dan
video
·
Siswa mendemonstrasikan proses pembelian
produk baru dengan satu siswa berperan sebagai pembeli dan satu siswa sebagai
penjual
·
Guru dan siswa bertanya jawab tentang
demonstrasi
·
Guru memberikan kesimpulan
·
Guru memberikan tugas sebagai bentuk
evaluasi
8.
Evaluasi
·
Sebutkan tindakan-tindakan yang
dilakukan konsumen dalam proses pembelian produk baru_!!
·
Urutkan tindakan-tindakan yang dilakukan
konsumen dalam proses pembelian produk baru secara sistematis_!!
9.
Materi Pembelajaran
·
Gambar-gambar aktivitas jual beli dalam
pasar barang
·
Video aktivitas jual beli dalam pasar
barang
(Terlampir)
bisakah saya minta judul referensi untuk model VAKnya? terima kasih
BalasHapusbaca bukunya dick and carry...
HapusHarrah's Cherokee Casino & Hotel - Hendon Mobhub
BalasHapusHarrah's Cherokee Casino 세종특별자치 출장안마 & Hotel is located in 속초 출장안마 the beautiful picturesque town 논산 출장안마 of 논산 출장샵 Harrah's Cherokee Casino & Hotel is located near Harrah's 김포 출장안마 Cherokee