SEKILAS
TENTANG METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Menurut
Slavin pembelajaran kooperatif adalah pembelajaran yang dilakukan secara
berkelompok, siswa dalam satu kelas dijadikan kelompok -kelompok kecil yang
terdiri dari 4 sampai 5 orang untuk memahami konsep yang difasilitasi oleh
guru. Model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran dengan setting
kelompok-kelompok kecil dengan memperhatikan keberagaman anggota kelompok
sebagai wadah siswa bekerjasama dan memecahkan suatu masalah melalui interaksi
sosial dengan teman sebayanya, memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu yang bersamaan dan ia menjadi
narasumber bagi teman yang lain. Jadi Pembelajaran kooperatif merupakan model
pembelajaran yang mengutamakan kerjasama diantara siswa untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif memiliki ciri-ciri :
1.
Untuk
menuntaskan materi belajarnya, siswa belajar dalam kelompok secara
kooperatif
2.
Kelompok
dibentuk dari siswa-siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah
3.
Jika
dalam kelas terdapat siswa-siswa yang terdiri dari beberapa ras, suku, budaya
jenis kelamin yang berbeda, maka diupayakan agar dalam tiap kelompok terdiri
dari ras, suku, budaya, jenis kelamin yang berbeda pula
4.
Penghargaan
lebih diutamakan pada kerja kelompok dari pada perorangan.
Dalam
pembelajaran kooperatif, dua atau lebih individu saling tergantung satu sama
lain untuk mencapai suatu tujuan bersama. Menurut Ibrahim dkk. siswa
yakin bahwa tujuan mereka akan tercapai jika dan hanya jika siswa lainnya juga
mencapai tujuan tersebut. Untuk itu setiap anggota berkelompok bertanggung
jawab atas keberhasilan kelompoknya. Siswa yang bekerja dalam situasi
pembelajaran kooperatif didorong untuk bekerjasama pada suatu tugas bersama dan
mereka harus mengkoordinasikan usahanya untuk menyelesaikan tugasnya.
Model
pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidak-tidaknya tiga
tujuan pembelajaran penting. Menurut Depdiknas tujuan pertama pembelajaran
kooperatif, yaitu meningkatkan hasil akademik, dengan meningkatkan kinerja
siswa dalam tugas-tugas akademiknya. Siswa yang lebih mampu akan menjadi nara
sumber bagi siswa yang kurang mampu, yang memiliki orientasi dan bahasa yang
sama. Sedangkan tujuan yang kedua, pembelajaran kooperatif memberi peluang agar
siswa dapat menerima teman-temannya yang mempunyai berbagai perbedaan latar
belajar. Perbedaan tersebut antara lain perbedaan suku, agama, kemampuan
akademik, dan tingkat sosial. Tujuan penting ketiga dari pembelajaran
kooperatif ialah untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa.
Keterampilan sosial yang dimaksud antara lain, berbagi tugas, aktif bertanya,
menghargai pendapat orang lain, memancing teman untuk bertanya, mau menjelaskan
ide atau pendapat, bekerja dalam kelompok dan sebagainya.
Menurut
Ibrahim, dkk. pembelajaran kooperatif memiliki dampak yang positif untuk siswa
yang hasil belajarnya rendah sehingga mampu memberikan peningkatan hasil
belajar yang signifikan. Cooper mengungkapkan keuntungan dari metode
pembelajaran kooperatif, antara lain :
1.
Siswa
mempunyai tanggung jawab dan terlibat secara aktif dalam pembelajaran
2.
Siswa
dapat mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi
3.
Meningkatkan
ingatan siswa
4.
Meningkatkan
kepuasan siswa terhadap materi pembelajaran.
Menurut
Ibrahim, unsur-unsur dasar pembelajaran kooperatif sebagai berikut :
1.
Siswa
dalam kelompok haruslah beranggapan bahwa mereka sehidup sepenanggungan bersama
2.
Siswa
bertanggung jawab atas segala sesuatu didalam kelompoknya
3.
Siswa
haruslah melihat bahwa semua anggota didalam kelompoknya memiliki tujuan yang
sama
4.
Siswa
haruslah membagi tugas dan tanggung jawab yang sama di antara anggota
kelompoknya
5.
Siswa
akan dikenakan evaluasi atau diberikan penghargaan yang juga akan dikenakan
untuk semua anggota kelompok
6.
Siswa
berbagi kepemimpinan dan mereka membutuhkan keterampilan untuk belajar bersama
selama proses belajarnya
7.
Siswa
akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang
ditangani dalam kelompok kooperatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar