Minggu, 13 Januari 2013

BOOK REVIEW-Design Theories And Models (Charles M. Regeluth & Alison A. Carr Chellman)


Judul Buku    : Design Theories And Models
  (Building A Common Knowledge Base)
Pengarang      : Charles M. Regeluth & Alison A. Carr Chellman

Buku ini mengemukakan strategi instruksional merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara pengorganisasian materi pelajaran dan siswa, peralatan dan bahan, serta waktu yang digunakan dalam proses instruksional untuk mencapai tujuan instruksional yang telah ditentukan. Dengan kata lain strategi instruksional dapat pula disebut sebagai cara yang sistematis dalam mengkomunikasikan isi pelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan instruksional tertentu. Artinya hal ini berkenaan dengan bagaimana menyampaikan isi pelajaran.
Dalam setiap pemilihan strategi instruksional para pengajar perlu mengajukan dua pertanyaan :
1.      Seberapa jauh strategi yang disusun itu didukung dengan teori-teori psikologi dan teori instruksional yang ada?
2.      Seberapa jauh strategi yang disusun itu efektif dalam membuat siswa mencapai tujuan instruksional yang telah ditetapkan?
Kedua pertanyaan ini wajib dijawab terlebih dahulu karena strategi instruksional ini disusun untuk mencapai tujuan instruksional tertentu, maka ia harus disusun sesuai dengan Tujuan Instruksioanl Khusus.
Pada dasarnya dalam strategi instruksional terbagi atas empat komponen utama, yaitu urutan kegiatan instruksional, metode, media, dan waktu.
Komponen utama yang pertama yaitu urutan kegiatan instruksional. Komponen ini mengandung beberapa komponen yang terdiri dari pendahuluan, penyajian, dan penutup. Komponen pendahuluan terdiri dari tiga langkah yang terdiri dari (1)Penjelasan singkat tentang isi pelajaran, (2)Penjelasan relevansi isi pelajaran baru dengan pengalaman siswa, dan (3)Penjelasan tentang tujuan instruksional. Komponen penyajian terdiri atas tiga langkah, yaitu (1)Uraian, (2)Contoh, dan (3)Latihan. Komponen penutup terdiri dari dua langkah yang terdiri dari tes formatif dan umpan balik dan tindak lanjut.
Komponen utama kedua yaitu : metode instuksional yang terdiri atas berbagai macam metode yang digunakan dalam setiap langkah pada urutan kegiatan instruksional. Dalam setiap langkah tersebut mungkin menggunakan satu atau beberapa metode atau mungkin pula beberapa langkah menggunakan metode yang sama.
Komponen utama ketiga, yaitu media instruksional yang berupa media cetak atau media audiovisual yang digunakan pada setiap langkah pada urutan kegiatan instruksional. Seperti halnya penggunaan metode instruksional, mungkin beberapa media digunakan pada suatu langkah atau satu media digunakan pada beberapa langkah.
Komponen utama keempat yaitu waktu. Berapa lama waktu yang digunakan oleh pengajar dan siswa dalam menyelesaikan setiap langkah dalam kegiatan instruksional untuk memberikan beberapa ide yang akan membantu menganalisis dan memahami instruksional desain-teori yang disajikan dalam buku ini.
Pertama, kita akan membahas apa desain instruksional-teori. Ini akan mencakup diskusi tentang peran bahwa nilai-nilai bermain di instruksional desain-teori dandiskusi tentang apa teori desain instruksional-tidak. Secara khusus, kita akan melihat paradigma pendidikan dan pelatihan di mana peserta didik adalah di bagian atas bagan organisasi daripadabagian bawah. Kemudian kita akan melihat implikasi bahwa seperti paradigma memiliki instruksional untuk desain-teori,termasuk sejauh mana beberapa keputusan desain mungkin harus dibuat oleh peserta didik saatmereka belajar.
Desain Instruksional harus menyediakan:  informasi deskripsi dan contoh-contoh dari tujuan, pengetahuan yang dibutuhkan, dan pertunjukan diharapkan. Pemikiran praktek, kesempatan bagi peserta didik untuk terlibat secara aktif dan  reflektif apa pun yang menjadi belajar-menambah angka, pemecahan masalah kata, menulis esai. Informatif umpan balik jelas dan  menyeluruh untuk peserta didik tentang kinerja mereka, membantu mereka untuk melanjutkan lebih efektif. Kuat intrinsik atau ekstrinsik motivasi. Kegiatan yang cukup dihargai, baik karena mereka sangat menarik dan terlibat dalam diri mereka sendiri atau karena mereka memberi peluang ke prestasi lain yang menyangkut pembelajar .
Kelebihan dalam buku ini dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.      Mendiskripsikan secara rinci tentang sistematika dan komponen Desain Instrusional yang berorientasi membuat sebuah teori yang lebih langsung berguna untuk pendidik, karena memberikan bimbingan langsung tentang cara untuk mencapai tujuan mereka.
2.      Desain instruksional mengidentifikasi metode pengajaran dan situasi dimana metode-metode yang harus dan tidak boleh digunakan. Dalam suatu metode adalah jelas informasi, praktik bijaksana, informatif umpan balik, dan motivator yang kuat.
3.      Dalam semua instruksional desain-teori, metode pengajaran dapat dipecah menjadi lebih rinci. Komponen metode yang memberikan pedoman lebih untuk pendidik. Sebuah memberikan informasi yang cukup tentang komponen untuk masing-masing empat metode dasar. Misalnya, dalam kerangka didaktik, Perkins menjelaskan beberapa komponen untuk informasi yang jelas. Identifikasi tujuan bagi siswa;pemantauan dan sinyal proses menuju tujuan;memberikan contoh dari konsep, demonstrasi, keterkaitan konsep baru untuk yang lama melalui identifikasi familiar, diperluas, dan baruelemen, melegitimasi suatu konsep baru atau prosedur dengan cara prinsip siswa sudah tahu.
4.      Metode probabilistik yang berarti para desainer meningkatkan kemungkinan untuk mencapai tujuan daripada memastikan pencapaian tujuan. Dalam suatau teori, memberikan contoh berlimpah dari konsep diperlakukan tidak akan menjamin bahwa tujuan untuk siswa menang akan dicapai. Tapi, hal itu akan meningkatkan kemungkinan bahwa tujuna pembelajaran akan tercapai tercapai.
Desain Instruksional yang berorientasi teori, menggambarkan metode pengajaran dan situasi di mana metode-metode yang harus digunakan, metode dapat dipecah menjadi komponen yang lebih sederhana metode, dan metode probabilistik. Masing-masing karakteristik instruksional desain-teori.
Didalam buku ini juga dijelaskan tentang Desain Berorientasi Teori. Karakteristik penting dari pembelajaran desain-teori adalah bahwa desain berorientasi pada teori. Hal ini membuat mereka sangat berbeda dari apa yang kebanyakan desain pembelajaranyang  biasanya berpikir sebagai teori. Teori dapat dianggap sebagai berurusan dengan sebab-akibat hubungan arus atau dengan peristiwa dalam proses alami, dengan mengingat bahwa efek-efek atau kejadian yang hampir selalu probabilistik daripada deterministik. Kebanyakan desainer  berpikir tentang teori-teori yang bersifat deskriptif, yang berarti bahwa teori menjelaskan efek yang terjadi ketika kelas tertentu peristiwa kausal terjadi, atau artinya menggambarkan urutan di mana peristiwa tertentu terjadi. Teori deskriptif dapat digunakan untuk prediksi atau menjelaskan tapi desain berorientasi teori sangat berbeda dari teori deskriptif.
Teori desain yang preskriptif, dalam arti bahwa para desain instruksional linier desain pembelajaran menawarkan pedoman seperti apa metode yang digunakan untuk mencapai tujuan terbaik yang diberikan. Biasanya tidak preskriptif dalam arti mengeja dengan sangat rinci apa yang harus dilakukan dan memungkinkan tidak ada variasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FILSAFAT-Filsafat Ilmu Ekonomi

·          Epistemologi ilmu ekonomi : Epistemologi ilmu ekonomi membahas tentang asal mula atau sumber, struktur, metode dan validitas ...