Kamis, 03 Januari 2013

PSIKOLOGI PENDIDIKAN-Pembelajaran Yang Merangsang Pengembangan Inteligensi Dan Multiple Inteligent Peserta Didik

Inteligensi adalah kemampuan untuk melakukan abstraksi, berpikir logis dan cepat sehingga dapat bergerak dan menyesuaikan diri terhadap situasi baru. Inteligensi dipahami sebagai kemampuan memahami dan memproses informasi yang membentuk pengetahuan dan kesadaran sehingga dapat digunakan untuk memecahkan suatu masalah. Inteligensi meliputi kemampuan kognitif, psikomotor dan afektif. Kemampuan-kemampuan yang dimiliki seseorang tidak akan semuanya sama dengan yang dimiliki orang lain karena kemampuan beranekaragam dan keanekaragaman dari kemampuan itulah yang disebut dengan multiple intelegens. Setidaknya ada 10 jenis inteligens, antara lain Linguistik, Logis matematis, Musikal, Kinestetik, Visual spasial, Interpersonal, Intrapersonal, Naturalis, Emosional dan Spiritual. Inteligensi dapat dikembangkan melalui pembelajaran karena pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan kognitif, psikomotor dan afektif ketika seseorang berada pada lingkungan.

Sebagai contoh pembelajaran dalam materi pemasaran sub materi “Mengembangkan Media Promosi” yang mengembangkan inteligensi adalah dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model problem solving. Peserta didik dihadapkan pada persoalan media promosi apa saja yang dapat dipakai untuk mempromosikan produk tertentu. Peserta didik membutuhkan berbagai kemampuan yang ada dalam diri mereka untuk membuat media promosi yang sesuai dengan produk dan dapat menarik minat konsumen potensial untuk mau membeli produk. Peserta didik harus memperhitungkan sejumlah data tentang selera konsumen terdapat suatu produk dan media promosi apa yang paling efektif. Selanjutnya, peserta didik harus menggunakan beberapa inteligensi yang mereka miliki untuk membentuk suatu konsep media promosi yang akan mereka gunakan. Dengan inteligensi pula peserta didik harus mengabstraksi konsep mereka dengan berbagai inteligensi yang mereka miliki mengingat hampir setiap media promosi mempunyai lebih dari satu unsur yang harus diwujudkan dengan lebih dari satu inteligensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FILSAFAT-Filsafat Ilmu Ekonomi

·          Epistemologi ilmu ekonomi : Epistemologi ilmu ekonomi membahas tentang asal mula atau sumber, struktur, metode dan validitas ...