Evaluasi
pembelajaran adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan keputusan
sampai sejauh mana tujuan-tujuan pembelajaran telah dicapai oleh peserta didik.
Evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran berbasis kompetensi meliputi evaluasi
proses pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran. Evaluasi proses
pembelajaran merupakan tahap yang perlu dilakukan oleh guru untuk menentukan
kualitas pembelajaran. Kegiatan ini sering disebut juga sebagai refleksi proses
pembelajaran, karena akan menemukan kelebihan dan kekurangan dari proses
pembelajaran yang telah dilakukan. Evaluasi proses pembelajaran dilakukan untuk
menentukan kualitas pembelajaran secara keseluruhan, mencakup tahap perencanaan
poses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil
pembelajaran. Evaluasi proses dapat dilakukan dengan evaluasi diri, evaluasi
kolaboratif dan dokumentasi proses pembelajaran. Dasar realisasi evaluasi
proses pembelajaran adalah bahwa dalam proses pembelajaran, peserta didik
mengalami perkembangan yang senantiasa perlu diamati dan diukur. Sementara itu,
evaluasi hasil pembelajaran adalah
langkah mengukur dan menilai pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang didasarkan pada tujuan
yang telah ditetapkan di dalam kurikulum. Evaluasi hasil pembelajaran mencakup
evaluasi mengenai tingkat penguasaan peserta didik terhadap tujuan-tujuan
khusus yang ingin dicapai dalam unit-unit program pembelajaran yang bersifat
terbatas, dan evaluasi mengenai tingkat pencapaian peserta didik terhadap
tujuan-tujuan umum pembelajaran. Dasar pemikiran realisasi evaluasi hasil
pembelajaran dalam KBK adalah bahwa setiap hasil aktivitas belajar peserta
didik perlu diukur dan dinilai.
Sebagai
contohnya adalah pembelajaran materi pemasaran sub materi “Membuat Media
Promosi” yang dilaksanakan dengan metode pembelajaran kooperatif model simulasi
dan penugasan kelompok. Peserta didik yang telah dibagi dalam beberapa kelompok
mendapat tugas untuk membuat satu media promosi untuk satu produk tertentu.
Dalam contoh ini, evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada saat pendidik
mensimulasikan cara membuat media promosi melalui evaluasi diri, evaluasi
kolaboratif dan dibantu dengan dokumentasi proses pembelajaran. Sementara itu,
evaluasi hasil belajar dilakukan dengan menilai hasil kerja kelompok peserta
didik setelah menyelesaikan tugas membuat media promosi dalam jangka waktu
tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar