Kamis, 03 Januari 2013

PSIKOLOGI PENDIDIKAN-Dasar Pemikiran Dan Realisasi Evaluasi Proses Dan Hasil Dalam Pembelajaran Berbasis Kompetensi


Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pembelajaran telah dicapai oleh peserta didik. Evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran berbasis kompetensi meliputi evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran. Evaluasi proses pembelajaran merupakan tahap yang perlu dilakukan oleh guru untuk menentukan kualitas pembelajaran. Kegiatan ini sering disebut juga sebagai refleksi proses pembelajaran, karena akan menemukan kelebihan dan kekurangan dari proses pembelajaran yang telah dilakukan. Evaluasi proses pembelajaran dilakukan untuk menentukan kualitas pembelajaran secara keseluruhan, mencakup tahap perencanaan poses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. Evaluasi proses dapat dilakukan dengan evaluasi diri, evaluasi kolaboratif dan dokumentasi proses pembelajaran. Dasar realisasi evaluasi proses pembelajaran adalah bahwa dalam proses pembelajaran, peserta didik mengalami perkembangan yang senantiasa perlu diamati dan diukur. Sementara itu, evaluasi hasil pembelajaran adalah  langkah mengukur dan menilai pertumbuhan dan perkembangan  peserta didik yang didasarkan pada tujuan yang telah ditetapkan di dalam kurikulum. Evaluasi hasil pembelajaran mencakup evaluasi mengenai tingkat penguasaan peserta didik terhadap tujuan-tujuan khusus yang ingin dicapai dalam unit-unit program pembelajaran yang bersifat terbatas, dan evaluasi mengenai tingkat pencapaian peserta didik terhadap tujuan-tujuan umum pembelajaran. Dasar pemikiran realisasi evaluasi hasil pembelajaran dalam KBK adalah bahwa setiap hasil aktivitas belajar peserta didik perlu diukur dan dinilai.
Sebagai contohnya adalah pembelajaran materi pemasaran sub materi “Membuat Media Promosi” yang dilaksanakan dengan metode pembelajaran kooperatif model simulasi dan penugasan kelompok. Peserta didik yang telah dibagi dalam beberapa kelompok mendapat tugas untuk membuat satu media promosi untuk satu produk tertentu. Dalam contoh ini, evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada saat pendidik mensimulasikan cara membuat media promosi melalui evaluasi diri, evaluasi kolaboratif dan dibantu dengan dokumentasi proses pembelajaran. Sementara itu, evaluasi hasil belajar dilakukan dengan menilai hasil kerja kelompok peserta didik setelah menyelesaikan tugas membuat media promosi dalam jangka waktu tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FILSAFAT-Filsafat Ilmu Ekonomi

·          Epistemologi ilmu ekonomi : Epistemologi ilmu ekonomi membahas tentang asal mula atau sumber, struktur, metode dan validitas ...