Rabu, 26 September 2012

PENDIDIKAN-Faktor yang Mempengaruhi Belajar


Belajar itu tergantung pada bermacam-macam factor. Adapun faktor-faktor itu dibedakan menjadi dua golongan :
·         Factor yang ada pada diri organisme itu sendiri (factor individual) antara lain :
a)      Kematangan
Kita tidak dapat mengajarkan sesuatu yang baru jika seorang anak belum mempunyai kematangan baik kematangan fisik maupun kematangan psikis. Mengajarkan sesuatu yang baru dapat berhasil jika taraf pertumbuhan pribadi telah memungkinkan, potensi jasmaniah atau rohaaninya telah matang untuk menerima hal tersebut.
b)      Kecerdasan
Selain kemtangan, dapat tidaknya seseorang mempelajari sesuatu akan berhasil ditentukan pula oleh taraf kecerdasannya. Sebagai contoh tidak semua anak cakap mempelajari ilmu pasti meskipun telah mencapai kematangan untuk mempelajari ilmu pasti. Demikian pula halnya dalam kecakapan-kecakapan yang lain.
c)       Latihan dan ulangan
Dengan latihan, maka kecakapan dan pengetahuan yang dimiliki dapat semakin dikuasai. Karena latihan dan sering mengalami sesuatu, seseorang dapat timbul minatnya pada sesuatu tersebut. Sebaliknya tanpa latihan, pengalaman yang dimiliki akan berkurang atau hilang.
d)      Motivasi
Motif  merupakan pendorong bagi organisme untuk melakukan sesuatu. Motif intrinsik dapat mendorong seseorang sehingga akhirnya orang itu menjadi spesialis dalam bigang pengetahuan tertentu. Tak mungkin seseorang berusaha mempelajari sesuatu dengan sebaik-baiknya jika ia tidak mengetahui betapa penting dah faedah hasil yang akan dicapai dari belajarnya tersebut.
e)      Sifat-sifat pribadi seseorang
Disamping factor yang telah dibicarakan diatas, faktor  pribadi sesorang turut pula memegangi peranan dalam belajar. Sifat-sifat yang ada pada diri seseorang itu turut mempengaruhi sampai dimanakah hasil belajar yang dicapai.yang termasuk dalam kepribadian ini ialah factor fisik kesehatan dan kondisi badan.
·         Factor yang ada di luar individu (factor social) antara lain :
a)      Keadaan keluarga
Suasana kekeluargaan yang bermacam-macam mau tidak mau turut menentukan bagaimana dan sampai di mana belajar dialami dan dicapai oleh anak-anak. Termasuk fasilitas yang diperlukan dalam belajar turut memgang peranan penting pula.
b)      Guru dan Cara Mengajar
Sikap dan kepribadian guru, tinggi rendahnya pengetahuan yang dimiliki guru dan bagaimana cara mengajarkan pengetahuan kepada anak didiknya menentukan hasil belajar yang dicapai anak.
c)       Alat-alat pelajaran
Sekolah yang cukup memiliki alat-alat dan perlengkapan yang diperlukan untuk belajar ditambah cara mengajar yang baik dari guru-gurunya, kecakapan guru dalam menggunakan alat-alat tersebut akan mempermudah dan mempercepat belajar anak-anak.
d)      Motivasi social
Jika guru atau orang tua dapat memberikan motivasi yang baik pada anak-anak timbullah dalam diri anak dorongan dan hasrat untuk belajar. Motivasi social dapat pula timbul pada anak karena orang-orang lain di sekitarnya, seperti dari tetangga, sanak saudara, teman-teman sepermainan dan sekolahnya. Pada umumnya, motivasi social ini diterima secara tidak sengaja atau tidak sadar oleh anak.
e)      Lingkungan dan kesempatan
      Seorang anak dari keluarga baik, memiliki intelejensi yang baik, bersekolah di sekolah yang baik belum tentu pula dapat belajar dengan baik. Banyak pula anak-anak yang tidak dapat belajar dengan hasil yang baik dan tidak dapat mempertinggi belajarnya akibat tidak adanya kesempatan yang disebabkan oleh sibuknya pekerjaan setiap hari, pengaruh lingkungan yang buruk 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FILSAFAT-Filsafat Ilmu Ekonomi

·          Epistemologi ilmu ekonomi : Epistemologi ilmu ekonomi membahas tentang asal mula atau sumber, struktur, metode dan validitas ...