Rabu, 26 September 2012

PENDIDIKAN-Sekilas Tentang Human Capital Investment


Konsep investasi dalam pendidikan...
Investasi pendidikan dapat didefinisikan sebagai pengalokasian berbagai sumber daya ke dalam bidang pendidikan dengan harapan untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan di masa yang akan datang. Sumber daya yang dialokasikan tidak hanya terbatas pada dana dalam bentuk uang, tetapi juga sumber daya manusia sebagai objek investasi. Uang digunakan untuk membiayai seseorang dalam menempuh pendidikan. Manusia yang dalam hal ini adalah objek investasi adalah pihak yang diharapkan dapat menikmati hasil dari investasi pendidikan yang dilakukan. Pengalokasian berbagai sumber daya dalam bidang pendidikan termasuk dalam investasi karena terdapat jangka waktu yang relatif lama dari awal pengalokasian sumber daya sampai pada pencapaian tujuan. Pihak-pihak yang melakukan investasi pendidikan antara lain adalah masyarakat dan pemerintah.

Hubungan pendidikan dengan pekerjaan...
Pendidikan dan pekerjaan mempunyai hubungan yang signifikan. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa pendidikan memberikan pengalaman berupa ilmu pengetahuan dan wawasan yang akan memperkaya pengalaman seseorang sehingga pengalaman orang tersebut menjadi semakin kopleks dan lengkap. Melalui pendidikan, seseorang dapat memperoleh peluang untuk bekerja di makin banyak bidang pekerjaan. Selain itu, keahlian seseorang juga akan semakin lengkap dan baik, dengan demikian membuat orang tersebut mempunyai kemampuan yang lebih baik jika telah mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. Kemampuan yang tinggi membuat seseorang akan lebih dihargai hasil kerja dan kopetensinya, baik secara materi maupun moril. Intinya, dapat dikatakan bahwa makin tinggi pendidikan seseorang, akan makin besar peluang kerjanya serta makin tinggi pula hasil kerja seseorang dihargai.

Hubungan pendidikan dengan pertumbuhan ekonomi...
Pendidikan merupakan salah satu kunci kemajuan perekonomian sebuah bangsa. Tanpa pendidikan, perekonomian suatu bangsa akan sulit untuk berkembang. Pendidikan memberikan kontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia yang menjadi salah satu faktor produksi terpenting. Pendidikan membuat sumber daya manusia menjadi lebih berkompeten, secara otomatis kontribusi sumber daya manusia terhadap produksi meningkat jika tingkat pendidikan meningkat. Hal ini akan membuat keseluruhan jumlah produksi bruto suatu negara juga akan meningkat. Melalui pola hubungan tersebut, dapat dikatakan bahwa pendidikan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi suatu bangsa.

Konsep invesment in human capital...
Konsep invesment in human capital dapat dipahami dengan cara memahami terlebih dahulu apa dan bagaimana investasi serta human capital. Secara singkat, invesment in human capital merupakan salah satu bentuk investasi yang dilakukan dalam bidang pendidikan. Proses perolehan pengetahuan dan keterampilan melalui pendidikan bukan merupakan suatu bentuk konsumsi semata-mata, akan tetapi juga merupakan suatu investasi. Pihak-pihak yang melakukan investasi dalam bidang pendidikan mengalokasikan sumber daya yang mereka miliki untuk mengenyam pendidikan dengan harapan akan memperoleh keuntungan di masa yang akan datang. Keuntungan diharapkan melalui peningkatan kompetensi dan kemampuan dalam bekerja melalui pendidikan, sehingga hasil kerja mereka lebih dihargai karena memang lebih baik. Investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia berkonsentrasi pada masalah bagaimana meningkatkan mutu atau kualitas sumber daya manusia melalui proses pendidikan dan pelatihan sebagai bentuk dari investasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FILSAFAT-Filsafat Ilmu Ekonomi

·          Epistemologi ilmu ekonomi : Epistemologi ilmu ekonomi membahas tentang asal mula atau sumber, struktur, metode dan validitas ...